Rabu, 11 Desember 2013

Merakit PC (personal Computer)

MERAKIT PC
                Pernahkah anda berfikiran bahwa merakit sebuah PC (Personal Computer) adalah hal yang sulit???
                Merakit sebuah computer itu tidak sesulit apa yang anda bayangkan, apabila anda menekuni dan mempelajari cara untuk merakit computer. Merakit computer tidak sesulit merakit alat-alat elektronik seperti TV, VCD/DVD, Radio, HP , dan alat elektronik lainnya. Alat-alat elektronik seperti itu mengutamakan  solder untuk memasangkan dan menyambungkan antar komponen, berbeda dengan memasangkan perangkat computer,  memasangkan perangkat-perangkat computer tidak memerlukan solder, namun yang diperlukan dalam merakik personal computer hanyalah obeng dan baut serta perangkat-perangkat computer seperti motherboard, processor, CPU fan, Power supply, CD/DVD-Rom, RAM, VGA card. Dan sebagainya.
                Sebelum saya bersekolah ke SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) , saya juga berfikiran bahwa merakit computer itu sulit, namun setelah saya masuk ke SMK jurusan TKJ terntata merakit computer itu tidak sesulit yang saya bayangkan apabila kita menekuni dan mempelajarinya dengan tekun dan sungguh-sungguh.
                Berikut akan saya paparkan bagaimana persiapan dan langkah-langkah merakit personal computer ala saya  yaitu sebagai berikut:
1.       Siapkan perangkat-perangkat computer  yang akan di rakit, seperti: motherboard, power supply, processor, CPU fan, harddisk, RAM, CD/DVD-ROM, kabel  IDE, LAN card, casing, kabel power, monitor dan sebagainya.

2.       Dimulai dengan memasangkan processor  pada socket processor, perhatikan tanda yang ada pada processor harus sama dengan tanda yang ada pada soceket processor. Setelah processor terpasang, lalu kunci dengan tuas pengunci.
3.       Pasangkan RAM pada slot Ram , dan akan mengunci secara otomatis. Apabila RAM terbalik, maka akan sulit masuk dan tidak akan mengunci.
4.       Pasangkan power supply ke dalam cashing, Lalu kunci menggunakan baut.
5.       Masukkan motherboard ke dalam kotak cashing, kaitkanlah pengait plastic yang biasa disediakan oleh pabrik cashing. Untuk menghindari perubahan posisi motherboard, kuncilah menggunakan baut agar lebih aman.
6.       Pasangkanlah perangkat-perangkat seperti harddisk, floppy disk drive, dan CD/DVD-ROM, setelah itu kuncilah dengan menggunakan baut.
7.       Sambungkan kabel –kabel dari power supply ke motherboard, ke harddisk dank e CD/DVD-ROM,
8.       Sambunghan kabel IDE dari motherboard ke harrdisk dank e CD/DVD-ROM, perhatinkan kabel yang berwarna merah yaitu kabel yang no.1 , kabel yang berwarna merah dipasangkan berdampingan dengan jumper. Apabila pemasangan kabel IDEnya salah , maka akan sulit untuk masuk.
9.       Pasangkan VGA card pada slot AGP/VGA, Bila tidak ada VGA onboard pada matherboardnya.
10.   Pasangkan sound card, TV tunner dsb. Pada slot PCI jika diperlukan.
11.   Sambungkan Sambungkan  kabel pront panel seperti tombol  power (on/of), kabel tombol reset, HDD Led, Power Led, USB, Sound card ke motherboard.
12.   Setelah itu, pasangkan kabel power ke power supply,
13.   Pasangkan kabel konektor monitor ke VGA.
14.   Setelah semuanya selesai, Cobalah nyalakan PC anda.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap nih gan, daripada nyuruh org buat merakit :D

Unknown mengatakan...

Nice nihhhh....
Kunjung balik ya :D
htttp://kerakblog.com

Unknown mengatakan...

Nice nihhhh....
Kunjung balik ya :D
htttp://kerakblog.com

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com